Pentul Ikan khas Palembang

Dipos pada March 8, 2022

Pentul Ikan khas Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep Pentul Ikan khas Palembang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Pentul Ikan khas Palembang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pentul Ikan khas Palembang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pentul Ikan khas Palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Pentul Ikan khas Palembang adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Pentul Ikan khas Palembang diperkirakan sekitar 1jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pentul Ikan khas Palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pentul Ikan khas Palembang memakai 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini pentul ikan seperti di kondangan2 😜 Bisa di frozen kalo mau makan tgl goreng lagi deh Krn jadi nya juga cukup banyak Cocok di makan bareng pindang 🤤

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pentul Ikan khas Palembang:

  1. 500 gr Ikan Tenggiri / Gabus Giling
  2. 1 bh Wortel Parut
  3. 1 bh Labu Siam Parut
  4. 1 sdm Bawang Putih Goreng haluskan
  5. 1 sdm Bawang Merah Goreng haluskan
  6. 1 btg Daun Bawang Iris Halus
  7. 60 ml Santan Kental (me kara)
  8. 1 sdt Garam
  9. 1 sdt Kaldu Jamur
  10. 1 sdt Merica
  11. 3 sdm Tepung Tapioka
  12. 1 bt Telur
  13. Bahan Celup
  14. 2 bt Telur kocok
  15. 3 sdm Minyak untuk tangan biar ga lengket
  16. Secukup nya lidi kembang untuk pentul atau stick es krim

Langkah-langkah untuk membuat Pentul Ikan khas Palembang

1
Campur semua bahan jadi satu
Pentul Ikan khas Palembang - Step 1
Pentul Ikan khas Palembang - Step 1
2
Lalu ambil secukupnya bentuk di tangan sblm nya oles minyak biar ga lengket
Pentul Ikan khas Palembang - Step 2
3
Lalu celup di telur dan goreng hingga matang

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kerang Hijau Bumbu Pedas

Kerang Hijau Bumbu Pedas

Asli makan kerang pakai tangan, sruput² enak banget bumbunya meresap kedalem. Lebih puas masak sendiri. Klo beli di luar mahal dan dapet dikit doang hihi. Cus bikin😋 #ResepWeek3 #SetiaMemasak #PejuangGoldenBatikApron

2-3 porsi
45 menit
Geprek Udang Emak Salsa

Geprek Udang Emak Salsa

Geprek udang ini merupakan salah satu menu favorit para penikmat geprek emak salsa...👍😁 #PejuangGoldenBatikApron #COOKPADCOMMUNITY_SEMARANG #SemangcookHokyaHokye #CookpadCommunity_Semarang

1 porsi
±25 menit
Udang Ndut Mayo Mommylicious

Udang Ndut Mayo Mommylicious

Anak-anak sukanya makan udang goreng tepung telur enaknya nyam nyam. Mudah dan cepat dibuat jadi yuk mari kita buat 😍😍 #TiketGoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Yogyakarta

4 orang
30 menit
Sambal Cumi Asin

Sambal Cumi Asin

Sering bikin sambal cumi asin ini, karena cocok dimakan bareng apa aja.. 🤭 Bikinnya jg mudah, selamat mencoba bund.. 💕 #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
30 menit
Kerang dara asem manis 🦪

Kerang dara asem manis 🦪

2 porsi
30 menit
Tumis tahu dan udang

Tumis tahu dan udang

masakan simple tapi enaak 😍

2 orang
15 menit
Ikan Asap Suwir Balado

Ikan Asap Suwir Balado

3-4 orang
15 menit
Pepes ikan mas

Pepes ikan mas

First time bikin kayak gini, dan hasil enak banget ngga gagal. Pakmil yg ngidam minta di bikinin pepes, sampai nambah 2 porsi nasi. Masih belajar masak, dan bereksperimen 😊 semangat buat para emakemak baru ✌🏻 jgn takut gagal

3 porsi
1 jam 30 menit
Pempek Lenjer Ikan Lele (Khas Palembang)

Pempek Lenjer Ikan Lele (Khas Palembang)

Minggu lalu sharing bareng tentang makanan khas Palembang, sama wong Palembangnya langsung yaitu mba @niungniung , nah untuk makanan yg khas dari sana, saya memutuskan untuk buat pempek. Perdana nyobain bikin pempek asli nih, berhubung di rumah ikan yg always ready di empang adalah ikan lele, yaudah kita pakai stok yg ada aja ya 😁 Dan taraaaa hasilnya enak, ini teksturnya empuuuk banget, anak sholeh sampe doyan banget loh, sekali makan dia habis 6 sendiri, Abinya juga suka. Maasyaa Allah. ❤ Tips : - Saat bikin pekmpek jangan terlalu lama ngaduk adonannya ya, karena itu bisa bikin alot, ngaduknya cukup sampe tercampur rata aja ya 😊 #Semangcookhokyahokye #Cookpadcommunity_semarang #Semampir_Palembang #Rekreasi_Palembang #PejuangGoldenBatikApron

Ikan Pindang Kecap

Ikan Pindang Kecap

Menu kesukaan anak². Ini saya bikin versi tidak pedes tak pakai cabe. Alhamdulillah anak² suka 😁. Masak masakan yang disukai anak² dan suami itu bikin semangat untuk memasak 💪💪... Sebelum punya anak sering bikin menu ini tp versi yang pedes. Simpel dan enak. Apalagi di cemplungi petai. Di jamin bisa ngabisin nasi sebakul 😆. Happy cooking yummy... #PejuangGoldenBatikApron

Oseng-Oseng Ikan

Oseng-Oseng Ikan

Oseng-Oseng ini cukup simple buatnya karena tinggal campur aja bumbu2nya. Ikan yg digunain bebas bisa apa aja, kalo ini aku pake ikan surung. Saat makan, jangan lupa dibarengin sama nasi, sayur, dan buah agar sesuai pedoman gizi seimbang yaaa😊 #PejuangGoldenBatikApron

Cumi cabe ijo

Cumi cabe ijo

2-3 orang
40 menit
Ikan Tongkol Asap Cabe ijo

Ikan Tongkol Asap Cabe ijo

Ikan apapun kalo sudah diasap bisa menggugah selera 😋😍 Kali ini kebetulan pas ada ikan tongkol, biasanya cuma di santan (mangut) & d penyet sama sambal terasi.kali ini mau coba yg dimasak sama cabe hijau 😀 hmm ternyata bisa khilaf makan nya 😅 #MeolahCaruan_EsaUtutSabeIjau #IkanAsapCabeHijau #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Sangkulirang #PekanPosbar #IkanAsap

Oseng cumi asin simple

Oseng cumi asin simple

cumi asin seringnya dimasak kyk gini,simple ala aku.bisa juga tambah cabe rawit kalau suka pedes.sama sama enak kok.masak ini untuk suami.

1 porsi
20 menit
MPASI bubur ikan kembung

MPASI bubur ikan kembung

Menurut dr. Arina Heidyana, manfaat ikan kembung untuk MPASI ialah membantu perkembangan otak anak berkat kandungan omega-3. “Lalu, vitamin A, B1, C, D, dan E, zat besi, serta fosfor sangat baik dalam menunjang perkembangan pada mata, tulang, dan daya tahan tubuh,” Dari segi gizi, ikan kembung ternyata punya gizi lebih tinggi dibanding ikan salmon. Kandungan protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi. Ikan kembung juga sumber gizi yang sangat baik.

3x makan
1 Jam
Pepes Ikan Patin Kemangi

Pepes Ikan Patin Kemangi

Rabu, 09-Feb-2022 Acaranya Bulanan Kombes, POT BERBISIK (Posting Bareng Lebih Asik). Tema kali ini adalah membuat Pepes. Banyak sekali Jenis Pepes/Pais dari berbagai Olahan bahan Makanan, kali ini aq mepes Ikan Patin Kemangi. Resep aq adopsi dari mba @Lilis_DapoerTara Beliau mengunakan Terasi, Kencur tanpa Kemangi namun aq tambah dgn kemangi. Rasanya Seger banget😋. Yuk kita coba bikin🤗 #PotBerbisik_AnekaPepes #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #HannaHani_Cookies #Week_02

5 Potong
60 Menit
Tumis Ikan Asap

Tumis Ikan Asap

Dulu sering banget makan olahan ikan asap, karena ini salah satu menu favorit Bapak. Setelah menikah jarang sekali makan ataupun memasak menu ini karena paksu kurang suka. Tapi demi ikutan Posbar kali ini yg bertema #IkanAsap, dijabanin dah🤭 menurut saya ini olahan ikan asap yg paling simpel dan sederhana tapi tetap sedap disandingkan dengan nasi hangat😄 #PekanPosbar #IkanAsap #CookpadCommunity_SumUt #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah